✅ Cara Uninstal Aplikasi di Laptop/PC Permanen Hingga ke Akarnya

Cara Uninstal Aplikasi di Laptop/PC Permanen Hingga ke Akarnya

cara-uninstall-aplikasi-laptop

Berbicara mengenai cara menghapus software di komputer sebenarnya cukup mudah. Baik itu pc, laptop, atau komputer pada dasarnya kebanyakan menggunakan os yang sama yaitu windows 7,8, dan 10 yang saat ini umum. Pastilah cara uninstal appsnya juga sama antara satu dengan lainnya.

Seperti kita tahu laptop senantiasa mendapatkan update fitur terbaru agar ia bisa menjalankan os dengan baik sesuai jaman. Tetapi kadang karena kebanyakan software sehingga menyebabkan ia lemot. Oleh sebab itu, menghapusnya merupakan solusi terbaik untuk mendapatkan kecepatan yang baik kembali.

Cara Menghapus Software Aplikasi di Komputer/PC/Laptop All Windows

Sebenarnya cara menguninstal aplikasi untuk setiap windows itu sama. Anda bisa menyesuaikan untuk jenis os sendiri karena jika saya jelaskan artikel ini terlalu panjang dan tentu anda akan semakin bosan wkwk. Langsung saja.

1. Uninstal aplikasi melalui start menu

Ini sangat mudah sekali untuk anda coba. Cukup tekan Start Menu bisa mengarahkan cursor ke bagian logo windows ataupun menekan tombol keyboard berlogo windows. Setelah itu cari aplikasimu, dalam kesempatan ini saya pakai win 10 langsung saja ketikan apa yang mau dihapus. Kemudian klik kanan dan pilih uninstall. Mudah banget bukan?

Start Menu ini dirancang oleh developernya memang digunakan sebagai tombol cepat agar pengguna bisa melakukan multitasking membuka aplikasi sana sini tanpa ribet. Tetapi mungkin anda kurang puas jika hanya hapus dari sini. Oleh sebab itu, lanjutkan ke step selanjutnya untuk trik uninstall lebih advance.

2. Hapus software lewat control panel

Control panel merupakan komponen dari Windows yang dirancang untuk melakukan pengaturan sistem OS. Melakukan uninstal dari sini berarti anda sudah copot aplikasi langsung dari sistemnya.

Untuk buka control panel sangatlah mudah. Bagi anda pemilik win10 silahkan klik start menu kemudian ketikan control panel. Sedangkan untuk anda pengguna win7 dan win8 sebenarnya sama saja silahkan sesuaikan sendiri.

Caranya:

– Klik start menu kemudian ketikan control panel

– Masuk ke program sesuai digambar

– Pilih aplikasi yang mau dihapus

– Klik kanan atau pilih Uninstall sesuai petunjuk gambar

3. Uninstall software di laptop melalui setting

Selanjutnya anda bisa juga menghapus aplikasi melalui bagian menu setting. Langsung saja jika ingin menerapkannya ikuti langkah berikut ini.

Caranya:

– Pada jendela setting pilih menu apps

– Lalu pilih apps & featured

– Klik pada bagian aplikasi kemudian pilih uninstall

4. Gunakan revo uninstaller

aplikasi uninstall hingga ke akarnya

Solusi terbaik untuk anda yang tak ingin tertinggal cache di aplikasi setelah dilakukan uninstall. Yup, biasanya aplikasi yang dihapus dengan ketiga cara diatas meninggalkan yang namanya registry.

Pertama tentunya anda harus memiliki aplikasi ini. Anda bisa download aplikasi revo uninstaller melalui link berikut. Setelah itu lakukan pemasangan seperti biasa kemudian buka aplikasinya.

Caranya:

– Setelah masuk ke Revo ini kemudian pilih uninstall

– Disana akan ada banyak aplikasi yang bisa anda hapus

– Anda bisa memilihnya kemudian klik kanan atau klik uninstall di bagian atas

– Kemudian bagian selanjutnya pilih Advanced scan

– Nantinya aplikasi ini akan melakuka scanning kembali file yang tertinggal.

Bagaimana, mudah banget bukan?

Saya sendiri lebih suka menggunakan Revo karena memang file dan cache akan ikut terhapus sepenuhnya sehingga ketika install baru laptop kita akan lebih cepat. Tapi terserah anda yang menentukan pilih mana yang ingin dicoba.

Itulah beberapa langkah mudah menghapus aplikasi beserta file-filenya dari laptop. Selamat mencoba dan semoga menjadi solusi untuk anda yang masih kebingungan dalam menghapus software pc atau laptop.

Baca juga: aplikasi penghasil uang terbaik